Mengenal Aliran Modifikasi Mobiil

Kumpulan Gambar-Gambar Modifikasi Motor Mobil Terbaru 2017. Tips Trick, Video, Foto, Harga, Aksesoris, Wallpaper Modifikasi Motor dan Mobil.

Mengenal Aliran Modifikasi Mobiil

Mengenal Aliran Modifikasi Mobiil
Modifikasi Mobil bukanlah hal yang aneh lagi sejak tahun 1990-an walaupun teknik modifikasi mobil pada waktu itu tidak semarak yang sekarang ini.  Kenapa mengenal aliran modifikasi mobil ini menjadi topik utama pada posting saya kali ini. Karena dengan mengenal aliran dan istilah modifikasi mobil akan memberikan gambaran bagaimana hasil modifikasi mobil anda nanti sehingga memodifikasi jangan jangan asal-asalan, jangan sampai seperti postingan saya terdahulu Gambar Modifikasi Mobil Yang gagal

Berikut ini saya jelaskan beberepa aliran modifikasi mobil  selamat membaca :

Aliran JDM (Japannese Domestic Market).

JDM adalah gaya aliran modifikasi yang berpedoman pada barang-barang yang didesain khusus untuk modifikasi mobil dimana produsennya memang berasal dari jepang. Tapi seiring berjalannya kebutuhan akan modifikasi mobil tidak sepenuhnya mengandalkan produk modifikasi buatan jepang tapi juga membutuhkan produk dari luar jepang seperti mengandalkan Velg buatan luar pada mobil mereka. 

Aliran Modifikasi Mobil HellaFlush

Aliran Modifikasi Mobil HellaFlush

Aliran HellaFush pada saat sekarang ini menjadi aliran modifikasi mobil yang sedang hangat di perbincangkan di sana-sini. Mulai dari bengkel-bengkel modifikasi sampai pada forum-forum modifikasi dan milis-milis. Sehingga aliran ini mendapat kan sambutan di hati para penggila modifikasi mobil.. Lalu kenapa aliran ini menjadi bahan perbincangan hangat, hal ini disebabkan karena desain modifikasi pada aliran ini gak neko-neko karena nya hal ini bisa digunakan pada mobil yang daily use, tapi jika ingin modifikasi yang extreme dengan menggunakan aliran modifikasi HellaFlush hasilnya bisa luar biasa sekali.Biasanya di aplikasikan pada Velg Mobil.

Aliran Modifikasi Mobil HellaFlush

  1. Flush : Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak membuatnya terlihat “amblas” (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa disebut “Daily Drivers”. Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.
  2. Mexi : Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga “nongol” jauh dari fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi, cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke dibikin gaya ini. Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai pencinta Low Rider di USA asal “MEXICAN”, ehm apakah bener?
  3. Tucked : Terlihat “Nyelup” abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil VIP dan mobil yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya HellaFlush model yang satu ini.
  4. Hella Flush : Offset pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.

Catatan :
Gaya “HellaFlush” amat riskan bila tidak menggunakan komponen (part) yang berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga gaya tidak membuat malapetaka.

Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
  • Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
  • Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
  • Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
  • Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
  • Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
  • Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
  • Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
  • Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
  • Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
  • Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban).

 Aliran Modifikasi Mobil VIP Style

 Aliran Modifikasi Mobil VIP Style

Ciri-ciri dari gaya aliran Vip Style adalah Modifikasi luar yang tidak terlalu mencolok dan tidak terlihat extrem, tambahan body kit dan velg biasanya berukuran besar diatasn 19" lebar serta offset negativedan tak lupa penambahan chamber extreme. Pada Interiornya dibuat putih, bersih dan tampak elegan. Modifikasi juga sering menggunakan Air Suspension Muffler Oval seperti remus. Untuk sukses modifikasi VIP Style ini tidak perlu dipasangi asesoris yang berlebihan. Sistem audio yang di pilih sangat memanjakan telinga, dan fokus pada kualitas suara (SQ) dan bukan bukan asal loudly (SPL).

Aliran Modifikasi Mobil Vintage / Retor Car

Aliran Modifikasi Mobil Vintage / Retor Car

 Mobil Retro atau Retro Car inilah yang sering menjadi bahan perdebatan di kalangan pecinta dan pemerhati dunia Mobil Retro di Tanah Air. "Menurut saya, Mobil Retro itu identik dengan mobil-mobil berjenis sedan. Namun sebenarnya Mobil Retro itu sendiri adalah semua tipe mobil buatan Jepang yang diproduksi pada tahun 1975-1985 dan berpenggerak roda belakang,
Namun perlu diketahui juga, yang dinamakan Mobil Retro itu tak melulu harus semua tipe mobil buatan Jepang berpenggerak roda belakang yang berpenampilan orisinil dan sesuai standar pabrik. Modifikasi terhadap mobil-mobil itu pun sah-sah saja dilakukan. Yang penting masih sesuai tren modifikasi yang berlaku pada saat itu, yakni era 1970-an hingga 1980-an.

Sebenarnya banyak sekali Aliran Modifikasi didunia, sekianlah posting saya Mengenal Aliran Modifikasi Mobil saya harap bisa menambah pengetahun modifikasi anda. Terima Kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Aliran Modifikasi Mobiil